Kenapa Aroma Buku Khas?

Sebuah ungkapan mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia. Melalui buku, seseorang dapat menjelajahi dunia tanpa harus secara langsung melihat tempat aslinya.

Buku-buku baru berbau kertas yang khas. Hal tersebut terjadi karena ada pemecahan senyawa kimia. Senyawa kimia yang pecah selama periode waktu tertentu itu yang bisa menghasilkan bau dari kertas. Kerta pada dasarnya terdiri dari selulosa dan sejumlah kecil lignin atau polimer kompleks dari alkohol aromatik.

Semakin kertas bertekstur halus, semakin sedikit pula lignin di dalamnya. Contohnya adalah kertas yang digunakan di koran. Sedangkan lignin adalah bahan kimia dapat membuat warna kertas menjadi kuning karena teroksidasi dalam jangka waktu tertentu. Selama proses oksidasi itu, senyawa kimia akan terurai menjadi asam dan berakhir menjadi selulosa.


Bau buku baru biasanya dikaitkan dengan tiga faktor yakni bau kertas, bau tinta, dan bau perekat yang digunakan dalam proses penjilidan. Kertas pada dasarnya terbuat dari pulp kayu. Namun ternyata pulp akan ditambah bahan kimia tertentu seperti natrium hidroksida untuk mengurangi keasaman dan pembengkakan serat pulp kayu yang digunakan pada kertas.

Alasan Orang Banyak Suka Aroma Khas Buku


Melansir laman Interesting Literature, orang yang suka aroma khas buku disebut dengan “bibliosmia” yang diambil dari kata Yunani untuk ‘buku’ dan ‘bau‘. Bibliosmia merupakan hubungan antara penciuman dan ingatan. Aroma sebuah buku dapat memberikan ciri khas tersendiri setiap bukunya. Sebuah buku mungkin memiliki aroma yang unik dan bisa mencerminkan siapa orang yang memilikinya.

Dari situlah timbul ingatan yang menyenangkan tentang masa lalu buku lama tersebut sebelum akhirnya jatuh ke tangan pemilik baru. Bibliosmia adalah sebuah pengalaman pembaca dan buku. Sayangnya kata bibliosmia belum masuk sebagai kata yang secara resmi terdaftar di kamus Bahasa Inggris Oxford.

Nah itulah alasan yang mengakibatkan banyak orang yang suka aroma khas buku. Selain ada reaksi senyawa kimia yang terjadi, bau buku bisa juga menjadi sebuah kenangan yang tak bisa hilang.

Leave a Comment